Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Android Navigation Library - Basic

Tidak ada komentar
Salah satu library yang terbaru dari Android Jetpack adalah Navigation Library.  library ini mempermudah dalam mengembangkan aplikasi dengan model single activity.

untuk contoh dasarnya seperti berikut. pada fragment pertama jika di klik menuju ke fragment kedua. contoh apknya download disini.


dan contoh navigation graphnya nanti akan seperti berikut ini.


langsung ke pembuatannya. silahkan buat project android baru.  dan langsung tambahkan resource untuk navigation. caranya klik kanan pada res -> new -> Android Resource File. jangan lupa ganti Resource type nya ke Navigation.


maka otomatis android studio akan membuat folder resources untuk navigation.


dan juga menambahkan library untuk navigation.



langkah pertama selesai. sekarang lanjut ke main activity. Main Activity ini akan bertindak sebagai host untuk dua fragment (lihat contoh gambar paling atas pada post ini). rubah xmlnya seperti berikut.
perhatikan pada bagian tag fragment. dan juga karena menggunakan toolbar sendiri maka ganti tema di file styles.xml ubah parentnya menjadi Theme.AppCompat.Light.NoActionBar.
sedangkan untuk class nya seperti berikut. ada function setupNavigation() karena menggunakan toolbar sendiri. kemudian juga perlu mengatur Navigation, agar toolbar terdapat tanda back.

Sekarang lanjut ke fragment pertama. buat layout xml standar dengan sebuah button untuk menuju fragment kedua.

sedangkan untuk class fragment pertama seperti berikut. bisa dilewati dulu untuk action button clicknya karena belum membuat navigation action.
untuk fragment kedua juga sama. tinggal ganti saja id dan stringnya.
untuk class fragment kedua lebih mudah. karena hanya button mengatur action back saja.

oke semuanya siap, sekarang bagian paling penting yaitu mengatur navigationnya melalui xml. perhatikan pada fragment pertama, terdapat action dengan id dan destination. id action inilah yang akan dipanggil pada button click fragment pertama.

sekarang tinggal dijalankan. jika benar maka aplikasi akan seperti contoh apk aplikasi di atas. dengan model single activity.

Selamat Mencoba.
Lihat repository githubnya disini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar