Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Laravel Form Edit dan Delete

1 komentar
lanjutan setelah membahas membuat form create dan form validation, yaitu bagaimana cara mengubah (update) dan menghapus (delete).

yang pertama proses update dahulu. siapkan link untuk menuju halaman edit.


sehingga tabel index buku akan menjadi seperti berikut. dengan tombol edit menuju halaman edit.

Selanjutnya atur Controller untuk mencari data yang akan di edit. kali ini tidak menggunakan Where tetapi FindOrFail.


buat dulu view edit untuk menampilkan data edit. disini menggunakan Form model binding, jadi nama textfieldnya disamakan dengan kolom pada class Model (isbn, judul, pengarang dan jumlah). dengan menggunakan Form::model() maka data yang akan diedit otomatis akan muncul pada form.


sedikit penjelasan pada gambar diatas Form edit akan menjalankan function updata pada BukuController dengan parameternya yaitu ISBN. method 'PATCH' digunakan sebagai penanda kalau fungsi yang dijalankan adalah update.

Jika dilihat di browser, seperti berikut tampilan form edit. dengan textfield ISBN hanya readonly.

sekarang proses updatenya, jika tombol update diklik maka akan menjalankan function update pada Controller. atur  Controller menjadi seperti berikut.


maka proses update selesai. data buku akan diubah sesuai dengan form edit dan diupdate kedalam database kemudian halaman akan di redirect ke halaman index buku.

Lanjut untuk proses delete. caranya sedikit tricky. untuk delete button juga merupakan sebuah form dengan route dan method yang sudah dirubah. lihat gambar dibawah ini.


tempatkan dalam tabel. sehingga tabel index buku menjadi seperti berikut.

atur Controller untuk function destroy.


 dan sekarang aplikasi sudah bisa dijalankan untuk proses CRUD.

1 komentar :