Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Tipe Kondisi dan Perulangan pada Laravel

2 komentar
        Setiap pemrograman pasti ada tentang conditions dan loop. singkatnya ya percabangan dan perulangan, haha.. begitupun pada laravel ini. sebelum memulai tutorial ini pastikan membaca post sebelumnya tentang menampilkan data ke views dan blade template.

pertama membahas tentang conditions dahulu. buat sebuah variabel pada Controller.


lanjut ke view, berikut cara menggunakan @if. jika namanya "Paijo" maka akan tampil, jika tidak ya tidak tampil. simple...


lanjut lagi dengan if else conditions. kali ini dengan menggunakan range nilai.


berikut merupakan penampakan dari viewnya.


dan jika dijalankan akan menampilkan nilai sesuai dengan kondisi yang dinginkan. misal jika variabel nilai pada Controller 75 maka akan menampilkan Nilai B.

Sekarang berganti ke Perulangan (lopping). buat variabel array pada Controller.


untuk menampilkan datanya pada view seperti berikut ini.


penjelasannya, sebelum melakukan @foreach variabel dicek dulu apakah kosong atau tidak dengan fungsi php count(). jika ada isinya maka akan menjalankan @foreach untuk menampilkan masing-masing data.



sebagai tambahan info, Laravel juga bisa menggunakan @unless yang bisa diartikan if(!) [IF NOT] dan @forelse.

2 komentar :

  1. Membantu sekali postingannya, saya mau nanya, saya bikin form untuk input nilai dan mau buat otomatis muncul grade nilai pada saat saya input nilai gimana caranya ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  2. Mohon bantuannya , saya mau nanya, saya bikin form untuk input nilai dan mau buat otomatis muncul grade nilai pada saat saya input nilai gimana caranya ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus