Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Android Heterogeneous RecyclerView

Tidak ada komentar
Ada saatnya item recyclerview pada Android menampilkan bermacam-macam  type layout tergantung tipe datanya seperti apa. istilahnya item layout pada recyclerview bisa bermacam-macam. misalnya seperti gambar berikut ini.


bisa dilihat diatas item pada recyclerview ada dua macam. satu dengan gambar dan yang satu cuma text saja. apakah item layoutnya satu jadi terus pakai if? tentu tidak, jawabannya adalah memakai dua view holder pada adapternya.

sebelumnya siapkan dulu project android baru dengan data binding (MVVM). langsung saja ke view modelnya disini untuk list datanya disini pakai dua model. ImageModel dan TextModel.

variable live data listHeterogeneous akan di observe di activity.
setelah model dan viewmodel siap silahkan buat dua layout untuk item image dan item text
seperti gambar diatas layout yang satu ada gambarnya dan yang satu cuma text saja.

sekarang bagian terpenting pada Adapternya. mulai dari bagian atas dahulu buat constant untuk masing-masing tipe item dan juga diff callback untuk masing-masing model. untuk menentukan typenya override getItemViewType. selanjutnya tinggal di if di onCreateViewHolder berdasarkan view holder masing-masing (disini pakai dua view holder)

jadi intinya adalah memakai dua viewholder pada adapter jika ingin menampilkan item yang berbeda-beda. atau nantinya bisa dikembangkan lebih dari dua view holder.

check repository githubnya disini.
selamat mencoba.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar