Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Android Switch Language

1 komentar
Kadang pada saat membuat aplikasi android terdapat pengaturan untuk ganti bahasa pada aplikasi. dan bukan bergantung dari pengaturan bahasa di perangkat tentunya. nah, kali ini akan membahas tentang ganti bahasa pada aplikasi android.

seperti ini nantinya aplikasinya. terdapat radio button untuk berganti bahasa.


langkah pertama tentu saja mempersiapkan resource values untuk tempat xml string.
klik kanan pada res -> new -> Android Resource Directory nanti akan muncul seperti berikut.
pilih bagian Locale, klik tanda >> di tengah, maka akan muncul pilihan bahasa dari negara-negara yang ada. klik OK
maka akan ada folder values baru. sesuai yang dipilih seperti diatas.


persiapan sudah selesai, tinggal copy saja string xml nya kedalam folder values baru sesuai bahasa yang akan digunakan. bisa di cek di preview layout design maka akan muncul.


setelah layout dan values siap, lanjut ke proses coding. untuk pilihan berganti bahasa ini memang ada beberapa cara. dan salah satunya seperti berikut. intinya adalah membuat BaseActivity kemudian di extend ke Activity.

pertama buat class context wrapper.
class context wrapper diatas akan dipakai disini. buat class Base Activity. perlu diperhartikan di line 9 bagian Locale itu mengacu pada value di preferences. misal disini EN (english) dan IN (indonesia) bisa ke jawaban stackoverflow berikut.

nah, persiapan sudah selesai. jadi nanti jika akan membuat activity maka akan di extend dari class BaseActivity ini dan bukan AppCompatActivity.
dan jangan lupa setting bahasa ini perlu disimpan ke preferences. bisa memakai Kotpref. jadi pengaturan bahasa ada EN (english) dan IN (indonesia).

untuk project lengkapnya bisa dilihat disini.
selamat mencoba.

1 komentar :

  1. if deploy APK from Bundle, language not changed. is there any solution about this?

    BalasHapus