Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Activity Lifecycle pada Android

Tidak ada komentar
        Seperti pada umumnya sebuah program komputer , pada aplikasi android terdapat juga beberapa model untuk aktivitas siklus program. berikut ini merupakan diagram dari siklus tersebut. tanda kotak persegi panjang merupakan method yang ada pada class Activity dan dapat digunakan sesuai keinginan.


berikut penjelasan secara singkat.
methoddeskripsipenggunaan
onCreate()activity dimulai (tapi tidak terlihat ke user)untuk inisialisasi code, mengatur layout (setContentView()), initalize variabel, adapter dan lain-lain
onStart()activity terlihat ke user, tapi belum siap untuk proses interaksi.untuk memonitor perubahan yang terjadi dalam UI. tapi jarang digunakan.
onResume()activity terlihat dan siap dipakai untuk interaksi dengan user.untuk animasi, membuka akses eksklusif device seperti kamera dll.
onPause()activity berjalan di background dan berhenti berinteraksi ke user. ini bisa terjadi jika ada activity lain yang berjalan diatas activity tersebut. untuk mengatur ulang/ menyimpan semua proses yang selesai dalam proses onResume().
onStop()activity tidak terlihat ke usermembatalkan semua proses yang ada pada onStart().
onDestroy()hampir sama seperti onCreate() namun dalam arti sebaliknya. dipicu dengan finish() pada class activity atau sistem mebutuhkan tambahan memori.pembersihan proses, misal jika ada activity berjalan di background maka dibuat berhenti.
onRestart()activity berhenti dan memulai lagi.jarang di implementasikan. :p

source

Tidak ada komentar :

Posting Komentar